Analisis Iklan
Dalam kehidupan
sehari-hari, manusia tidak akan terlepas akan komunikasi. baik verbal maupun
non verbal, sebagaimana yang kita tau, kamunikasi merupakan suatu cara
seseorang menyampaikan informasi kepada orang lainnya, untuk Mendapatkan informasi
tersebut juga sangat mudah di dapatkan, salah satu contoh informasi yang dapat
kita temukan selain dari orang lain, kita juga dapat memperoleh informasi
tersebut melalu gambar, bentuk, warna, serta hal lain yang mempunyai arti
tersendiri dalam pengungkapan sebuah informasi untuk melakukan komunikasi.
Sepertihalnya iklan
tersebut, iklan yang menampilkan tentang
manfaat dari minum susu. dalam penggalan iklan tersebut bersinopsis, dua orang
gadis remaja yang duduk di dalam kelas. Dialog gadis pertama menginformasikan
kepada gadis ke dua, bahwa ketika meminum susu yang telah diminum oleh gadis
pertama, maka akibatnya akan menjadi cantik, kemudian gadis yang ke dua
membayangkan seandainya dia menjadi gadis cantik, dan salah seorang teman di
kelas yang ia sukai mengejar-ngejar
gadis yang kedua tersebut. Gadis kedua tersebut membayangkan dirinya menjadoi
orang yang paling cantik di sekolah dan di kejar-kejar oleh banyak lelaki dan
salah satunya adalah orang yang ia sukai tersebut. Dengan mendapatkan surat setiap harinya hingga membanjiri lokernya
hingga surat tersebut menjadi semakin banyak seolah seperti air yang
menenggelamkan gadis kedua tersebut, dan saat gadis tersebut hanyut terbawa
arus surat itu, sang laki-laki yang ia sukai menolongnya dengan melepas semua
seragam yang ia kenakan dan menyelam kedalam arus surat yang membawa gadis
kedua. Dan setelah sang lelaki mendapatkan gadis tersbut kemudian memeluknya,
dan lamunan sang gadis tersbut hilang kemudian dua gadis tersebut meminum susu
bersama di dalam kelas.
·
Segmentasi : anak sekolah, karna minuman susu tersbut banyak dikonsumsi
oleh anak rata-rata masih sekolah. Namun banyak susu yang kebanyakan
menjanjikan cepat tumbuh tinggi, tidak membuat gendut/ untuk melangsingkantubuh.
·
Pemilihan pemeran : seorang gadis agar
menjadi cantik setelah meminum susu tersebut, sehingga para lelaki menjadi
kagum akan kecantikannya.
Hal tersebut mungkin
dapat dikatakan hal biasa dalam pemasaran sebuah produk, namun jika diteliti
secara lebih dalam, penggunaan iklan dengan segmentasi dan cara yang lebih unik
tersebut akan lebih menarik para khalayak/ pengkonsumsi media, sebab banyak
diantara pengiklan dalam media massa baik cetak maupun elektronik menggunakan
sistim Needel theory atau yang dikenal dengan teori peluru. Dimana dalam model
teori tersbut iklan hanya akan memberikan pengaruh yang mudah kepada khalayak
media agar lebih mudah dimengerti dan dipahami serta di ingat, sehingga mereka
tidak pernah berpikir akan baik buruknya pengaruh dari hasil iklan yang
dilihat.yang mereka ingat hanya hasil baiknya yang telah ia proses seteah
melihat tayangan yang hanya berdurasi tak lebih dari 1 menit tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar