Sabtu, 25 Oktober 2014

Analisis Iklan "DKV"

Analisis Iklan

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak akan terlepas akan komunikasi. baik verbal maupun non verbal, sebagaimana yang kita tau, kamunikasi merupakan suatu cara seseorang menyampaikan informasi kepada orang lainnya, untuk Mendapatkan informasi tersebut juga sangat mudah di dapatkan, salah satu contoh informasi yang dapat kita temukan selain dari orang lain, kita juga dapat memperoleh informasi tersebut melalu gambar, bentuk, warna, serta hal lain yang mempunyai arti tersendiri dalam pengungkapan sebuah informasi untuk melakukan komunikasi.
Sepertihalnya iklan tersebut, iklan yang  menampilkan tentang manfaat dari minum susu. dalam penggalan iklan tersebut bersinopsis, dua orang gadis remaja yang duduk di dalam kelas. Dialog gadis pertama menginformasikan kepada gadis ke dua, bahwa ketika meminum susu yang telah diminum oleh gadis pertama, maka akibatnya akan menjadi cantik, kemudian gadis yang ke dua membayangkan seandainya dia menjadi gadis cantik, dan salah seorang teman di kelas yang ia sukai  mengejar-ngejar gadis yang kedua tersebut. Gadis kedua tersebut membayangkan dirinya menjadoi orang yang paling cantik di sekolah dan di kejar-kejar oleh banyak lelaki dan salah satunya adalah orang yang ia sukai tersebut. Dengan mendapatkan surat  setiap harinya hingga membanjiri lokernya hingga surat tersebut menjadi semakin banyak seolah seperti air yang menenggelamkan gadis kedua tersebut, dan saat gadis tersebut hanyut terbawa arus surat itu, sang laki-laki yang ia sukai menolongnya dengan melepas semua seragam yang ia kenakan dan menyelam kedalam arus surat yang membawa gadis kedua. Dan setelah sang lelaki mendapatkan gadis tersbut kemudian memeluknya, dan lamunan sang gadis tersbut hilang kemudian dua gadis tersebut meminum susu bersama di dalam kelas.
·         Segmentasi : anak sekolah,  karna minuman susu tersbut banyak dikonsumsi oleh anak rata-rata masih sekolah. Namun banyak susu yang kebanyakan menjanjikan cepat tumbuh tinggi, tidak membuat gendut/ untuk melangsingkantubuh.
·         Pemilihan pemeran : seorang gadis agar menjadi cantik setelah meminum susu tersebut, sehingga para lelaki menjadi kagum akan kecantikannya.

Hal tersebut mungkin dapat dikatakan hal biasa dalam pemasaran sebuah produk, namun jika diteliti secara lebih dalam, penggunaan iklan dengan segmentasi dan cara yang lebih unik tersebut akan lebih menarik para khalayak/ pengkonsumsi media, sebab banyak diantara pengiklan dalam media massa baik cetak maupun elektronik menggunakan sistim Needel theory atau yang dikenal dengan teori peluru. Dimana dalam model teori tersbut iklan hanya akan memberikan pengaruh yang mudah kepada khalayak media agar lebih mudah dimengerti dan dipahami serta di ingat, sehingga mereka tidak pernah berpikir akan baik buruknya pengaruh dari hasil iklan yang dilihat.yang mereka ingat hanya hasil baiknya yang telah ia proses seteah melihat tayangan yang hanya berdurasi tak lebih dari 1 menit tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar