Sabtu, 25 Oktober 2014

Strategi Pemasaran Produk Keripik Singkong "IMC"

Integreted Marketing Communication
Strategi Pemasaran Produk Keripik Singkong


Oleh :
Yogi Achamad Sadewo                          (120531100023)
M. Bagus Wardiman                               (120531100025)
                                     Indra Hadi Lesmana                               (120531100026)
Irma Kumala Sari                                     (120531100029)
Dewi Ayu Hijriyawati                             (120531100079)


ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

2012-2013

BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Landasan Pemikiran
Kripik singkong merupakan camilan yang enak, renyah, dan disukai banyak orang . di samping bahan bakunya mudah di dapat dan terjangkau kripik singkong juga mengandung banyak karbohidrat yang sangat bermanfaat bagi manusia .di sini kami juga ikut membantu petani lokal agar kehidupan mereka lebih sejahtera . pada saat ini masyarakat sudah menyukai makanan ringan impor yang ada di supermarket . keripik singkong hanya dipandang sebagai makanan kampung . maka dari itu kami menciptakan produk kami dengan sesempurna mungkin agar kripik singkong kembali di minati oleh masyarakat luas. untuk menyesuaikan keperluan konsumen kami mengutamakan kepuasan konsumen . inovasi rasa yang kami buat adalah hasil dari banyaknya keperluan konsumen dengan rasa – rasa tertentu . produk yang kami produksi sangat mementingkan kebersihan bahan-bahanya dengan menggunakan sarung tangan saat produksi . bila anda berfikir makanan yang diproduksi oleh mesin itu bersih maka anda salah karena belum tentu suatu perusahaan membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel di mesin selama berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan lebih .
Sebagai produsen yang baik tentunya kita tidak bisa mengabaikan kesehatan konsumen karna tanpa adanya konsumen suatu produk tidak akan bisa terjual. Bila konsumen merasa puas maka kepercayaan mereka pada suatu produk akan meningkat . inti dari semua ini adalah bila kita bisa memanfaatkan sumberdaya lokal kita kenapa kita harus makan makanan import yang belum tentu mengutamakan kesehatan kita .



BAB II
ISI
2.1       Targetting
Bila produk yang kami miliki di minati oleh banyak konsumen, maka kami mencoba memperbanyak rasa yang disukai oleh konsumen . keluhan dari konsumen adalah hal yang sangat bemanfaat bagi kami untuk semakin lebih baik dalam hal pelayanan . kami mencoba mempermudah konsumen yang ingin membeli produk kami dengan menyebar produk kami di kios-kios kecil . kami juga akan menerapkan cara delivery agar konsumen merasa semudah mungkin untuk mendapatkan produk kami . kami juga menyediakan layanan konsumen dengan menghubungi nomor yang telah tertera dalam kemasan produk kami. Yang mana dari adanya layanan nomor yang telah kami sediakan akan lebih mudah proses pemesanan, maupun kritik saran untuk produk kami.
Dari adanya kritik saran yang datang dari para konsumen, maka kami dapat mengerti seperti apa dan bagaimana yang konsumen inginkan dari produk kami, melalui layanan nomor yang telah kami sediakan juga membantu mempermudah konsumen untuk memesan produk yang kami buat. Mengingat produk yang kami hasilkan tidak hanya memiliki satu macam rasa, hal itu dapat menjadikan pilihan sesuai rasa yang disukai oleh konsumen.
2.2       Segmentasi
Sasaran kita menjual kripik singkong ini di tergetkan di daerah Bangkalan - Madura karena kita melihat lingkungan bangkalan yang ramai dan mudah di jangkau oleh pendatang karena letaknya yang berdekatan denga kota Surabaya yang merupakan ibukota dari Jawa Timur.  Akses untuk menuju ke kota Bangkalan juga sangat mudah karena telah ada Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura. Dari sinilah kita menilai bahwa Madura memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Selain itu, Madura juga memiliki banyak makanan khas yang biasa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Madura khususnya Bangkalan. Produk yang kita pilih adalah Kripik Singkong karena selain harganya yang terjangkau, keripik singkong merupakan makanan khas Madura yang merupakan oleh-oleh favorit bagi para wisatawan.
Produk yang kita pasarkan ini kita kembangkan dengan berbagai macam rasa sehingga konsumen dapat memilih seuai dengan selera mereka. Rasa yang kita tawarkan bermacam-macam yakni Original, Pedas, Manis, Barbeque, Keju, Balado, Ayam Panggang, sbg. Keripik singkong yang kita pasarkan bisa dinikmati oleh semua kalangan karena mengandung banyak karbohidrat dan tanpa menggunakan pengawet yang dapat membahayakan kesehatan. Target utama dari produk ini adalah semua kalangan. Hal ini karena produk yang kita pasarkan dapat dikonsumsi oleh semua usia tergantung pada rasa yang nantinya akan dipilh oleh konsumen.


2.3       Positioning
Company : keunggulan dari kami adalah bahan yang kami gunakan adalah bahan yang masih segar karena di ambil langsung dari petani lokal . dengan menggunakan bahan baku yang masih segar maka produk yang di hasilkan akan lebih baik dari produk yang menggunakan bahan yang sudah lama di simpan di gudang oleh suplyer yang terkadang terdapat jamur yang menempel di singkong .
Competitor : produk kami menggunakan kemasan kardus agar lebih menarik bila di lihat dan dapat membuat produk kami terkesan mahal .
Customer : produk kami tidak menggunakan bahan pengawet karna bahan pengawet di nilai terlalu berbahaya bagi konsumen . harga yang kami tawarkan cukup terjangkau bila di bandingkan dengan produk yang lain tetapi meskipun harganya murah kebersihan dan kesehatan konsumen terjamin .
Change : inovasi rasa akan selalu berubah-ubah sesuai dengan keinginan konsumen agar konsumen tidak akan merasa bosan . kami juga akan mencoba merubah apapun yang diinginkan oleh konsumen agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk kami .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar