



Integreted Marketing Communication
Strategi Pemasaran Produk Keripik Singkong
Oleh
:
Yogi
Achamad Sadewo (120531100023)
M.
Bagus Wardiman (120531100025)
Indra Hadi
Lesmana (120531100026)
Irma
Kumala Sari (120531100029)
Dewi
Ayu Hijriyawati (120531100079)
ILMU
KOMUNIKASI
Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya
UNIVERSITAS
TRUNOJOYO MADURA
2012-2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Landasan Pemikiran
Kripik singkong merupakan camilan yang enak, renyah,
dan disukai banyak orang . di samping bahan bakunya mudah di dapat dan
terjangkau kripik singkong juga mengandung banyak karbohidrat yang sangat
bermanfaat bagi manusia .di sini kami juga ikut membantu petani lokal agar
kehidupan mereka lebih sejahtera . pada saat ini masyarakat sudah menyukai
makanan ringan impor yang ada di supermarket . keripik singkong hanya dipandang
sebagai makanan kampung . maka dari itu kami menciptakan produk kami dengan
sesempurna mungkin agar kripik singkong kembali di minati oleh masyarakat luas.
untuk menyesuaikan keperluan konsumen kami mengutamakan kepuasan konsumen .
inovasi rasa yang kami buat adalah hasil dari banyaknya keperluan konsumen
dengan rasa – rasa tertentu . produk yang kami produksi sangat mementingkan
kebersihan bahan-bahanya dengan menggunakan sarung tangan saat produksi . bila
anda berfikir makanan yang diproduksi oleh mesin itu bersih maka anda salah
karena belum tentu suatu perusahaan membersihkan sisa-sisa makanan yang masih
menempel di mesin selama berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan lebih .
Sebagai produsen yang baik tentunya kita tidak bisa
mengabaikan kesehatan konsumen karna tanpa adanya konsumen suatu produk tidak
akan bisa terjual. Bila konsumen merasa puas maka kepercayaan mereka pada suatu
produk akan meningkat . inti dari semua ini adalah bila kita bisa memanfaatkan
sumberdaya lokal kita kenapa kita harus makan makanan import yang belum tentu
mengutamakan kesehatan kita .
BAB II
ISI
2.1 Targetting
Bila produk yang kami miliki di minati oleh banyak
konsumen, maka kami mencoba memperbanyak rasa yang disukai oleh konsumen .
keluhan dari konsumen adalah hal yang sangat bemanfaat bagi kami untuk semakin
lebih baik dalam hal pelayanan . kami mencoba mempermudah konsumen yang ingin
membeli produk kami dengan menyebar produk kami di kios-kios kecil . kami juga
akan menerapkan cara delivery agar konsumen merasa semudah mungkin untuk
mendapatkan produk kami . kami juga menyediakan layanan konsumen dengan
menghubungi nomor yang telah tertera dalam kemasan produk kami. Yang mana dari
adanya layanan nomor yang telah kami sediakan akan lebih mudah proses
pemesanan, maupun kritik saran untuk produk kami.
Dari adanya kritik saran yang datang dari para
konsumen, maka kami dapat mengerti seperti apa dan bagaimana yang konsumen
inginkan dari produk kami, melalui layanan nomor yang telah kami sediakan juga
membantu mempermudah konsumen untuk memesan produk yang kami buat. Mengingat
produk yang kami hasilkan tidak hanya memiliki satu macam rasa, hal itu dapat
menjadikan pilihan sesuai rasa yang disukai oleh konsumen.
2.2 Segmentasi
Sasaran kita menjual kripik singkong ini di tergetkan
di daerah Bangkalan - Madura karena kita melihat lingkungan bangkalan yang
ramai dan mudah di jangkau oleh pendatang karena letaknya yang berdekatan denga
kota Surabaya yang merupakan ibukota dari Jawa Timur. Akses untuk menuju ke kota Bangkalan juga
sangat mudah karena telah ada Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa
dan Madura. Dari sinilah kita menilai bahwa Madura memiliki peluang bisnis yang
menjanjikan. Selain itu, Madura juga memiliki banyak makanan khas yang biasa
dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Madura khususnya
Bangkalan. Produk yang kita pilih adalah Kripik Singkong karena selain harganya
yang terjangkau, keripik singkong merupakan makanan khas Madura yang merupakan
oleh-oleh favorit bagi para wisatawan.
Produk yang kita pasarkan ini kita kembangkan dengan
berbagai macam rasa sehingga konsumen dapat memilih seuai dengan selera mereka.
Rasa yang kita tawarkan bermacam-macam yakni Original, Pedas, Manis, Barbeque,
Keju, Balado, Ayam Panggang, sbg. Keripik singkong yang kita pasarkan bisa
dinikmati oleh semua kalangan karena mengandung banyak karbohidrat dan tanpa
menggunakan pengawet yang dapat membahayakan kesehatan. Target utama dari
produk ini adalah semua kalangan. Hal ini karena produk yang kita pasarkan dapat
dikonsumsi oleh semua usia tergantung pada rasa yang nantinya akan dipilh oleh
konsumen.
2.3 Positioning
Company : keunggulan dari kami adalah bahan yang
kami gunakan adalah bahan yang masih segar karena di ambil langsung dari petani
lokal . dengan menggunakan bahan baku yang masih segar maka produk yang di
hasilkan akan lebih baik dari produk yang menggunakan bahan yang sudah lama di
simpan di gudang oleh suplyer yang terkadang terdapat jamur yang menempel di
singkong .
Competitor : produk kami menggunakan kemasan kardus
agar lebih menarik bila di lihat dan dapat membuat produk kami terkesan mahal .
Customer : produk kami tidak menggunakan bahan
pengawet karna bahan pengawet di nilai terlalu berbahaya bagi konsumen . harga
yang kami tawarkan cukup terjangkau bila di bandingkan dengan produk yang lain
tetapi meskipun harganya murah kebersihan dan kesehatan konsumen terjamin .
Change : inovasi rasa akan selalu berubah-ubah
sesuai dengan keinginan konsumen agar konsumen tidak akan merasa bosan . kami
juga akan mencoba merubah apapun yang diinginkan oleh konsumen agar konsumen
tidak merasa bosan dengan produk kami .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar