Rencana
Bisnis
Tuelank Company
Tas
MUNYET GUE
(Modern
Unik Nyentrik dan Goni Unik Elegant)
Bangkalan,
11 Mei 2013
Disusun
Oleh :
Muhammad
Fatchur Rochman : 120531100114
Muhammad
Ikhwannul Masruri : 120531100119
Tri
Sugeng Yanu :
120531100109
Irma
Kumala Sari :
120531100029
Susanti :
12053110028
Graha
Kamal Bangkalan
Nomor
Telepon : 085733029365, 085745107585
Email:tuelankcommunity@gmail.com,
Facebook: Dengkoel Company
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Identifikasi Peluang Bisnis
Pada
zaman modern ini, kebutuhan manusia akan style meningkat secara pesat khususnya
bagi remaja-remaja yang terus mengupgade penampilanya setiap waktu,
1.2 Penjelasan Produk
Cara membuat produk kami bisa dibilang susah susah gampang karena
sebenarnya hanya membutuhkan ketelitian, keuletan dan kesabaran dari produsen.
Untuk membuat tas ini, kami cukup menyediakan kain goni, kain hitam, tali dari
pelapah pisang, puas, cat sablon, jarum, benang. Kain goni yg sudah di sulam
menjadi tas, kemudian di lukiskan gambar atau tulisan yang mengandung unsur
estetika, tentunya dengan keahlian dan teknik khusus yang bisa dipelajari.
Motif yang kami sajikan beraneka ragam sesuai dengan bentuk tas.
1.3 Latar Belakang Bisnis
Alasan kami menawarkan produk ini adalah
saat ini memakai sesuatu yang unik menjadi trend tersendiri di kalangan para remaja,
salah satunya adalah tas yang menyuguhkan karaya seni yang tertuang di
dalamnya.
1.4 Tujuan
1) Tujuan
Umum
a. Mendapatkan
keuntungan dari produk ini
b. Membudayakan
kebiasaan memakai tas
c. Membuatproduk yang dapatmenjadigayaberpenampilanmodisbagiyang mengenakannya
2) Tujuan
Khusus
a. Membantu remaja
mengekspolasi kreativitas dalam berpenampilan
b. Bukan hanya
menjual barangnya, tetapi menjual kreasi seni
1.5 Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang
cukup menjanjikan. Karena tidak dijual di sembarang tempat serta kebutuhan akan
penampilan yang semakin diperhatikan para remaja. Dan diantara mereka terkadang
merasa bosan dengan tas-tas yang itu itu saja. Terkadang mereka merasa malu
untuk mengenakan tas yang dijual di pasar-pasar dan cenderung merasa tidak
percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk tas goni dengan beraneka
lukisan dan bentuknya, pasti akan menarik perhatian para remaja.
BAB
II
ANALISIS
SWOT
2.1 Faktor Internal
1)
Strength (Kekuatan)
a. Keunggulan
Produk
Kami
menawarkan suatu produk yang mengangkat nilai kesederhanaan dan dipadukan
dengan unsur keindahan yang tidak bisa didapatkan di sembarang tempat.
b. Keterampilan
dan Keahlian
Kami memiliki keterampilan untuk melakukan
modifikasi motif tas dan keahlian
memadupadankan tas dengan dalamannya dan kreasinya.
c. Keunikan
Kami berusaha memberi kreasi inovatif
sesuai apa yang diinginkan oleh konsumen.
2)
Weakness (Kelemahan)
a. Belum
Memiliki Banyak Pengalaman
Pengalaman untuk
memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus
diatasi.
b. Kurangnya
Sumberdaya Manusia
Keterbatasan sumber
daya manusia sebagi produsen atau pengrajin tas lukis. Dalam menjahit dan
menyulam diperlukan keterampilan khusus yang tidak setiap orang bisa melakukannya.
2.2 Faktor Ekstenal
1) Opportunities (Peluang)
a. Sistem
Pemasaran
Pemasaran bisa dibilang cukup mudah karena
kami hidup di lingkungan masyarakat dan remaja yang mayoritas palajar dan
mahasiswa yang memakai tas.
b. Penampilan
Konsumen yang Up to Date
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan
remaja yang up to date, tas goni bisa menjawabnya.
2) Threats (Ancaman)
a. Keacuhan
Konsumen
Terkadang remaja dan
masyarakat kurang memperhatikan penampilannya. Dan kesibukan membuat mereka
tampil apa adanya.
BAB
III
STRATEGI
SWOT
3.1
Faktor Internal
1.
|
Streght
(Kekuatan)
|
Keunggulan Produk
|
|
|
|
Keterampilan dan Keahlian
|
|
|
|
Keunikan
|
|
2.
|
Weakness
(Kelemahan)
|
Belum Memiliki Banyak Pengalaman
|
|
|
|
Kurangnya Sumber Daya Manusia
|
|
3.2
Faktor Eksternal
1.
|
Opportunities
|
Sistem
Pemasaran
|
1)
Melakukan program promosi jitu
2)
Meningkatkan produksi
|
|
(Peluang)
|
Penampilan
Konsumen yang Up to Date
|
|
2.
|
Threats
(Ancaman)
|
Keacuhan
Konsumen
|
1)
Melakukan promosi kepada konsumen yang sekiranya
tertarik dengan produk kami
2)
Menawarkan keuntungan dan kemudahan yang didapat
dengan membeli produk kami
|
BAB
IV
PERENCANAAN
BISNIS
4.1
Sasaran dan Target Pasar
Sasaran kami
adalah seluruh masyarakat baik mahasiswa, pelajar maupun umum. Untuk itu kami
memulai promosi dari daerah yang mayoritas palajar dan mahasiswa serta kerap
membuka stand pada waktu seminar atau acara-acara besar yang lain. Karena kami
menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain
itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap
melayani jasa konsultasi serta pemesanan.
Untuk
program jangka panjang, kami mencanangkan untuk membuka toko di sebuah pusat
perbelanjaan di kota-kota besar. Seperti rumah produksi, kami juga menyediakan
fasilitas seperti jasa konsultasi, pemesanan, bahkan di toko ini kami
menyediakan perbaikan produk yang telah rusak. Sasaran kami tetap yaitu pelajar,
mahasiswa dan masyarakat umum yang berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut.
Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media baik cetak maupun
elektronik. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan
pembelian produk kami.
4.2 Pembiayaan
a.
Biaya Tetap (Fixed cost) - Per Tahun
Kami
tidak banyak menggunakan alat tahunan karena proses pembuatan produk kami
menggunakan tenaga manusia. Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
b.
Biaya Variabel (Variable cost) -
Per Bulan
c.
Biaya
Total
d.
Biaya
dan Harga Per Unit
e.
Modal
Awal
f.
Analisis Titik
Impas (Break Even Point)
g.
Analisis
Keuntungan
h.
Pengembalian
Modal
BAB
V
STUDI
KELAYAKAN
5.1
Lokasi
Pembuatan
hijab lukis ini dilakukan di Graha No. 175. Di sini kami mengontrak sebuah
rumah untuk tempat tinggal kita yang berstatus sebagai mahasiswa dan rumah itu
kita manfaatkan sebagai tempat produksi. Lokasi ini cukup strategis karena
berdekatan dengan kampus UTM. Selain itu, pembeli bisa datang langsung
melihat-lihat proses produksi maupun konsultasi langsung dengan kami tentang
motif dan gambar yang akan dibuat dan dilukis. Pembeli
juga bisa datang langsung untuk memilih dan menentukan sendiri motif yang
diinginkan. Lokasi ini sangat strategis karena kamar yang kami gunakan adalah
kamar kost khusus perempuan sehingga tempatnya aman untuk dibuat tempat
eksperimen berjilbab. Di sini kami juga menyediakan berbagai aksesoris yang
diperlukan dalam berjilbab.
Selain rumah
produksi, kami juga membuka sebuah stand flexible yang dapat berpindah
berdasarkan lokasi yang sesuai dan merupakan tempatnya berkumpulnya wanita
muslim.
5.2
Sarana dan Prasarana
5.3
Sumber Daya Manusia
BAB
VI
REAL
BUSINESS PLAN
6.1
Rencana Manajemen
1. Strategi Pemasaran
a. Pengembangan
Produk
b. Pengembangan
Wilayah Pemasaran
c. Kegiatan
Produksi
d. Penjualan
Kolektif
2. Strategi Produksi
3. Strategi Organisasi dan SDM
a. Seleksi
Karyawan
b. Pelatihan
Karyawan
c.
Sistem
Remunerasi yang Seimbang dan Adil
4. Strategi penetapan harga
5. Rencana pengembangan produksi
6. Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Setiap perbuatan tentu melahirkan
resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan berbagai resiko sebagai
berikut:
6.2 Struktur Organisasi
6.3 Proses Produksi
6.4 Pengelolaan Karyawan
BAB VII
PENUTUP
7.1 Kesimpulan
Tas
munyet merupakan suatu jenis tas yang buat menggunakan kain goi dimodifikasi
dengan memberikan lukisan pada jilbab dan dalamannya. Kami juga memberikan jasa
konsultasi dan album tutorial pada setiap kemasan jilbab yang kami pasarkan.
Produk kami ini bertujuan membantu kaum muslim untuk mngeksplorasi kreativitas
fashion mereka. Sehingga dapat menarik minat para muslimin untuk memakai
jilbab. Proses pemasaran kami lakukan melalui berbagai media. Kami juga
menyediakan jasa konsultasi dengan menghadiri stand flexible kami dan
mendatangi rumah produksi kami. Harga yang kami patok berbeda tergantung bahan
lukisan yang kami gunakan. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan jilbab
sesuai selera konsumen.
7.2 Saran
Produk
menitikberatkan kepada unsur estetika dan kreatifitas yang terkandung di
dalamnya. Sehingga membedakan tas dengan tas-tas yang kini telah merebak di
pasaran. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting
dalam produksi kami. Selain itu, kami memiliki tujuan untukmeringankan para
konsumen ketika membawa barang, sehingga kami sangat mengharapkan dukungan dari
segala pihak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar