Sabtu, 25 Oktober 2014

Rencana Bisnis Tas MUNYET GUE

Rencana Bisnis

Tuelank Company
Tas MUNYET GUE
(Modern Unik Nyentrik dan Goni Unik Elegant)


Bangkalan, 11 Mei 2013


Disusun Oleh :
Muhammad Fatchur Rochman           : 120531100114
Muhammad Ikhwannul Masruri         : 120531100119
Tri Sugeng Yanu                                 : 120531100109
Irma Kumala Sari                                : 120531100029
Susanti                                                  : 12053110028


Graha Kamal Bangkalan
Nomor Telepon : 085733029365, 085745107585
Email:tuelankcommunity@gmail.com, Facebook: Dengkoel Company
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Identifikasi Peluang Bisnis
Pada zaman modern ini, kebutuhan manusia akan style meningkat secara pesat khususnya bagi remaja-remaja yang terus mengupgade penampilanya setiap waktu,

1.2  Penjelasan Produk
Cara membuat produk kami bisa dibilang susah susah gampang karena sebenarnya hanya membutuhkan ketelitian, keuletan dan kesabaran dari produsen. Untuk membuat tas ini, kami cukup menyediakan kain goni, kain hitam, tali dari pelapah pisang, puas, cat sablon, jarum, benang. Kain goni yg sudah di sulam menjadi tas, kemudian di lukiskan gambar atau tulisan yang mengandung unsur estetika, tentunya dengan keahlian dan teknik khusus yang bisa dipelajari. Motif yang kami sajikan beraneka ragam sesuai dengan bentuk tas.

1.3  Latar Belakang Bisnis
Alasan kami menawarkan produk ini adalah saat ini memakai sesuatu yang unik menjadi trend tersendiri di kalangan para remaja, salah satunya adalah tas yang menyuguhkan karaya seni yang tertuang di dalamnya.

1.4  Tujuan

1)      Tujuan Umum
a.       Mendapatkan keuntungan dari produk ini
b.      Membudayakan kebiasaan memakai tas
c.       Membuatproduk yang dapatmenjadigayaberpenampilanmodisbagiyang mengenakannya

2)      Tujuan Khusus
a.       Membantu remaja mengekspolasi kreativitas dalam berpenampilan
b.      Bukan hanya menjual barangnya, tetapi menjual kreasi seni

1.5  Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena tidak dijual di sembarang tempat serta kebutuhan akan penampilan yang semakin diperhatikan para remaja. Dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tas-tas yang itu itu saja. Terkadang mereka merasa malu untuk mengenakan tas yang dijual di pasar-pasar dan cenderung merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk tas goni dengan beraneka lukisan dan bentuknya, pasti akan menarik perhatian para remaja.

BAB II
ANALISIS SWOT

2.1  Faktor Internal

1)      Strength (Kekuatan)

a.       Keunggulan Produk
Kami menawarkan suatu produk yang mengangkat nilai kesederhanaan dan dipadukan dengan unsur keindahan yang tidak bisa didapatkan di sembarang tempat.
b.      Keterampilan dan Keahlian
Kami memiliki keterampilan untuk melakukan modifikasi motif tas  dan keahlian memadupadankan tas dengan dalamannya dan kreasinya.

c.       Keunikan
Kami berusaha memberi kreasi inovatif sesuai apa yang diinginkan oleh konsumen.

2)      Weakness (Kelemahan)

a.       Belum Memiliki Banyak Pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.

b.      Kurangnya Sumberdaya Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagi produsen atau pengrajin tas lukis. Dalam menjahit dan menyulam diperlukan keterampilan khusus yang tidak setiap orang bisa melakukannya.

2.2  Faktor Ekstenal

1)      Opportunities (Peluang)

a.       Sistem Pemasaran
Pemasaran bisa dibilang cukup mudah karena kami hidup di lingkungan masyarakat dan remaja yang mayoritas palajar dan mahasiswa yang memakai tas.

b.      Penampilan Konsumen yang Up to Date
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan remaja yang up to date, tas goni bisa menjawabnya.

2)      Threats (Ancaman)

a.       Keacuhan Konsumen
Terkadang remaja dan masyarakat kurang memperhatikan penampilannya. Dan kesibukan membuat mereka tampil apa adanya.



BAB III
STRATEGI SWOT

3.1 Faktor Internal
1.
Streght
(Kekuatan)
Keunggulan Produk



Keterampilan dan Keahlian



Keunikan


2.
Weakness
(Kelemahan)
Belum Memiliki Banyak Pengalaman



Kurangnya Sumber Daya Manusia


3.2 Faktor Eksternal
1.
Opportunities
Sistem Pemasaran
1)      Melakukan program promosi jitu
2)      Meningkatkan produksi

(Peluang)
Penampilan Konsumen yang Up to Date

2.
Threats
(Ancaman)
Keacuhan Konsumen
1)      Melakukan promosi kepada konsumen yang sekiranya tertarik dengan produk kami
2)      Menawarkan keuntungan dan kemudahan yang didapat dengan membeli produk kami



BAB IV
PERENCANAAN BISNIS

4.1 Sasaran dan Target Pasar
Sasaran kami adalah seluruh masyarakat baik mahasiswa, pelajar maupun umum. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang mayoritas palajar dan mahasiswa serta kerap membuka stand pada waktu seminar atau acara-acara besar yang lain. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani jasa konsultasi serta pemesanan.
Untuk program jangka panjang, kami mencanangkan untuk membuka toko di sebuah pusat perbelanjaan di kota-kota besar. Seperti rumah produksi, kami juga menyediakan fasilitas seperti jasa konsultasi, pemesanan, bahkan di toko ini kami menyediakan perbaikan produk yang telah rusak. Sasaran kami tetap yaitu pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.

4.2  Pembiayaan

a.      Biaya Tetap (Fixed cost) - Per Tahun
Kami tidak banyak menggunakan alat tahunan karena proses pembuatan produk kami menggunakan tenaga manusia. Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:

b.      Biaya Variabel (Variable cost) - Per Bulan

c.       Biaya Total

d.      Biaya dan Harga Per Unit

e.       Modal Awal

f.      Analisis Titik Impas (Break Even Point)

g.      Analisis Keuntungan

h.      Pengembalian Modal


BAB V
STUDI KELAYAKAN

5.1 Lokasi
Pembuatan hijab lukis ini dilakukan di Graha No. 175. Di sini kami mengontrak sebuah rumah untuk tempat tinggal kita yang berstatus sebagai mahasiswa dan rumah itu kita manfaatkan sebagai tempat produksi. Lokasi ini cukup strategis karena berdekatan dengan kampus UTM. Selain itu, pembeli bisa datang langsung melihat-lihat proses produksi maupun konsultasi langsung dengan kami tentang motif dan gambar yang akan dibuat dan dilukis. Pembeli juga bisa datang langsung untuk memilih dan menentukan sendiri motif yang diinginkan. Lokasi ini sangat strategis karena kamar yang kami gunakan adalah kamar kost khusus perempuan sehingga tempatnya aman untuk dibuat tempat eksperimen berjilbab. Di sini kami juga menyediakan berbagai aksesoris yang diperlukan dalam berjilbab.
Selain rumah produksi, kami juga membuka sebuah stand flexible yang dapat berpindah berdasarkan lokasi yang sesuai dan merupakan tempatnya berkumpulnya wanita muslim.

5.2 Sarana dan Prasarana

5.3 Sumber Daya Manusia










BAB VI
REAL BUSINESS PLAN

6.1 Rencana Manajemen
1.      Strategi Pemasaran
a.       Pengembangan Produk

b.      Pengembangan Wilayah Pemasaran

c.       Kegiatan Produksi

d.      Penjualan Kolektif

2.      Strategi Produksi

3.      Strategi Organisasi dan SDM
a.       Seleksi Karyawan

b.      Pelatihan Karyawan

c.      Sistem Remunerasi yang Seimbang dan Adil

4.      Strategi penetapan harga

5.      Rencana pengembangan produksi

6.      Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Setiap perbuatan tentu melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan berbagai resiko sebagai berikut:

6.2  Struktur Organisasi


6.3  Proses Produksi


6.4  Pengelolaan Karyawan

BAB VII
PENUTUP

7.1 Kesimpulan
                     Tas munyet merupakan suatu jenis tas yang buat menggunakan kain goi dimodifikasi dengan memberikan lukisan pada jilbab dan dalamannya. Kami juga memberikan jasa konsultasi dan album tutorial pada setiap kemasan jilbab yang kami pasarkan. Produk kami ini bertujuan membantu kaum muslim untuk mngeksplorasi kreativitas fashion mereka. Sehingga dapat menarik minat para muslimin untuk memakai jilbab. Proses pemasaran kami lakukan melalui berbagai media. Kami juga menyediakan jasa konsultasi dengan menghadiri stand flexible kami dan mendatangi rumah produksi kami. Harga yang kami patok berbeda tergantung bahan lukisan yang kami gunakan. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan jilbab sesuai selera konsumen.

7.2 Saran
                     Produk menitikberatkan kepada unsur estetika dan kreatifitas yang terkandung di dalamnya. Sehingga membedakan tas dengan tas-tas yang kini telah merebak di pasaran. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi kami. Selain itu, kami memiliki tujuan untukmeringankan para konsumen ketika membawa barang, sehingga kami sangat mengharapkan dukungan dari segala pihak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar